Panduan serta Trick Memakai AC Inverter yang benar

Diposting pada

Haloooo, sesudah demikian lama tidak menulis artikel, serta sebab cukup sudah ramai artikel dari web kami dicopy tiada ijin, tiada kasi sumber rujukan, hanya ditukar saja beberapa beberapa katanya dan ditambahin alamat toko mereka… Tak perlu lah saya katakan web manakah yang pada nyolong artikel saya…

Jadi saya akan memutuskan untuk menulis artikel kembali yang baru (apakah hubungan yeh?….)

Kesempatan ini kami akan tuliskan Panduan serta Trick memakai AC Inverter. Sebab masih tetap sangat banyak yang masih tetap tidak paham serta memandang memakai AC Inverter serta AC non-Inverter sama juga.

Well pada intinya sich sama juga, akan tetapi jika triknya bener. Jika triknya salah dapat lebih boros loh listriknya gunakan AC Inverter dibanding AC non-Inverter.

trik dan tips memakai AC Inverter

Mari kita mulai yah bahasan serta trik dan tips memakai AC Inverter yang benar supaya betul-betul dapat awet serta irit listrik:

  1. Memakai AC Inverter TIDAK BOLEH Under Capacity (Memakai PK lebih kecil dibanding keperluan ruang)

Jadi contohnya ruang 4×5 HARUS memakai AC Inverter 1.5PK. Ruang 4×6 keatas HARUS memakai AC Inverter 2PK. Untuk ruang 4×4 kebawah gunakan 1PK Inverter.

Kenapa? Jadi berikut saya katakan keadaan di dalam rumah saya ya. Di dalam rumah saya listriknya 7.700 watt. Ada 2 pompa air, 1 untuk sedot serta 1 untuk dorong, 2 kulkas, 3 AC, TV, lampu, dan lain-lain.

Kamar penting saya ukuran 4×6 dahulu memakai AC Inverter 1.5PK yang jika dihitung sich sebenernya ngepas-ngepas Btu AC dengan keperluan ruang. Umumnya bayar listrik satu bulan seputar 3 juta.

Lalu saya ganti AC kamar saya itu dengan AC Inverter 2PK. Serta sesudah ditukar saat ini tagihan listrik saya turun sampai 500 beberapa ribu per bulan. Jika satu tahun kan 6 jutaaaaa… banyak kan irit uang untuk bayar listriknya?

Jadi jika kamar 3×3 atau 3×4 pun jika gunakan Inverter 1PK PASTI semakin lebih irit listrik di banding gunakan 1/2PK atau 3/4PK non-Inverter atau type Low Watt sekalinya. Terpenting jika gunakan AC Daikin Premium Inverter atau AC Panasonic Elite Inverter.

Berikut daftar luasan kamar serta pemakaian AC Inverter yang pas: (kalkulasi panjang kali lebar ruang anda ya, kelak bisa berapakah mtr. persegi)

9 mtr. persegi kebawah – AC Daikin Inverter Flash 1/2PK FTKQ15SVM4 atau AC Daikin Premium Inverter 1PK FTKM25SVM4 atau AC Panasonic Deluxe Inverter 1PK CS-XU10VKP

10 mtr. persegi sampai 13 mtr. persegi – AC Daikin Inverter Flash 3/4PK FTKQ20SVM4 atau AC Daikin Premium Inverter 1PK FTKM25SVM4 atau AC Panasonic Deluxe Inverter 1PK CS-XU10VKP

14 mtr. persegi sampai 16 mtr. persegi – AC Daikin Premium Inverter 1PK FTKM25SVM4 atau AC Panasonic Elite Inverter 1PK CS-XU10VKP

17 mtr. persegi sampai 23 mtr. persegi – AC Daikin Premium Inverter 1.5PK FTKM35SVM4 atau AC Panasonic Elite Inverter 1.5PK CS-XU13VKP

24 mtr. persegi sampai 30 mtr. persegi – AC Daikin Premium Inverter 2PK FTKM50SVM4 atau AC Panasonic Elite Inverter 2PK CS-XU18VKP

31 mtr. persegi sampai 35 mtr. persegi – AC Daikin Premium Inverter 2.5PK FTKM60SVM4 atau AC Panasonic Deluxe Inverter 2.5PK CS-XU24VKP

36 mtr. persegi sampai 40 mtr. persegi – AC Daikin Premium Inverter 3PK FTKM71SVM4 atau AC Daikin Inverter Smile 3PK FTKC71QVM4

Di atas 40 mtr. persegi harusnya memakai 2 unit AC ya… Tinggal di gabungan pada PK AC yang di atas.

Lalu jika kebetulan ukuran ruang anda ada salah satunya contohnya 9.5m2 atau 13.5m2 lebih baik dibuletin keatas ya, jadi 9.5m2 gunakan AC 3/4PK lalu jika 13.5m2 gunakan AC 1PK dan sebagainya

trik dan tips memakai AC Inverter yang benar yang ke-2 adalahhhh…..

  1. Memakai AC Inverter, mengeset suhu remote HARUS yang dapat diraih oleh ACnya

Nah ini ialah permasalahan classic dalam pemakaian AC. Sebetulnya ingin gunakan AC type apa pun mengatur suhu di remote memang seharusnya yang dapat diraih oleh AC-nya. Akan tetapi spesial untuk AC Inverter perihal ini ialah HAL PALING PENTING dalam pemakaian AC Inverter.

Kenapa? Jadi berikut AC Inverter akan menyusut mengkonsumsi listriknya waktu suhu ruang cukup sudah mendekati suhu remote serta akan turun ke watt minimum jika suhu ruang telah sama juga dengan suhu remote.

Lalu saat ini kita set suhu remotenya berapakah? 16 kah? 18 kah? agar dingin? perihal ini SALAH BESAR. Ini kekeliruan paling besar dalam pemakaian AC. Mari kita bicara mengenai temperatur. Suhu yang tercantum di remote AC BUKAN tanda temperatur ruang.

Jika kita set suhu 19 di remote contohnya, itu kita memberitahu AC-nya “woiii AC, gw ingin suhu ruang gw 19 derajat!” Nah AC lalu akan kerja selalu sekuat tenaga untuk sampai suhu 19 derajat. Pertanyaanya apa AC-nya dapat membuat suhu ruang bener-bener 19 derajat?

Jika kita pergi ke Lembang, Bandung, sempat gak jam 4 atau 5 pagi keluar ke hawa terbuka. Itu dingin sekali sampai mulut dapat keluar asap. Coba cek deh suhunya waktu itu berapakah. Tentu hanya seputar 17 sampai 19 derajat celcius.

Trus kita ingin begitu kamar kita suhunya dapat begitu? Dapat sampai keluar asap di kamar tidur? Silahkan dijawab sendiri.

Kalau kita jawabnya ingin, memang AC-nya dapat? GA BAKALAN! terkecuali pakai AC kemampuan jauhhhhh semakin besar dari keperluan. Contoh di ruangan server salah satunya perusahaan berlangganan kami, ukuran ruangannya 3 x 4 mereka meminta suhu ruang tetap minimum 20 derajat saat 24 jam /hari. Kami pasang AC Inverter 2.5PK sekitar 2 unit di ruang itu, untuk nyala bergantian 13 jam serta 12 jam /hari. Kami pun menempatkan termometer digital di ruang itu serta set suhu di remote AC 19 derajat. Akhirnya sesudah pantauan saat 1 minggu memakai CCTV, suhu ruang tetap ada di rata-rata 19.2 derajat sampai 20.3 derajat celcius. Belum pernah lebih dari begitu meskipun di siang hari bolong.

Di ruang sebesar itu jika dihitung sebetulnya gunakan 3/4PK cukup sudah. Akan tetapi jika kita cuma gunakan AC 3/4PK suhu ruang di siang hari sangat optimal cuma dapat menyentuh 25-26 derajat celcius serta jika malam optimal dapat 24 derajat.

Jika anda mengharap suhu di bawah itu ya mesti naik PK. setiap turun 1 derajat mesti naik 1 PK ACnya.

Oke kembali pada persoalan suhu remote untuk AC Inverter. Jika AC TIDAK MAMPU sampai suhu remote, ya kompressor akan kerja optimal selalu, Watt yang dihisap optimal selalu. Masalahnya Watt maximum AC Inverter LEBIH TINGGI dari AC non-Inverter di PK yang sama.

Contoh untuk AC Daikin Standar Thailand 1PK FTC25NV14 Watt-nya ialah stabil 780 Watt saat AC menyala. Jika AC Daikin Premium Inverter 1PK FTKM25SVM4 rentang Watt-nya ialah 185 – 920 Watt.

Jika kedua-duanya dipakai di ruang 4×5 saja misalnnya. Kami jamin gunakan AC Daikin Premium Inverter dapat LEBIH BOROS dibanding gunakan yang Standar Thailand. Kenapa? Sebab ruang 4×5 harusnya gunakan 1.5PK, memakai 1PK telah under capacity. Jika under capacity, kita set suhu remote 23 contohnya, suhu itu TIDAK AKAN sempat terwujud. Akan tetapi AC selalu kerja berupaya sampai suhu itu.

Nah AC Daikin Premium Inverter yang harga belinya dapat membuat mata melotot itu, Watt-nya dapat selalu manteng di 920 Watt untuk berupaya ngejer suhu 23 yang TIDAK AKAN sempat terwujud itu. Jika telah gini hemat manakah sama gunakan Daikin Standar Thailand 1PK yang Watt-nya hanya 780? Toh ke-2 AC itu tidak dapat sampai suhu 23 derajat, akan tetapi yang satu mengkonsumsi 920 Watt selalu, yang satu hanya 780 Watt.

Memahami kan analogi dari kami? AC Inverter itu Watt-nya cocok nyala akan tetap berupaya mentok (walaupun gak tetap demikian, ditambah lagi jika ruangannya over capacity) agar ruang lebih cepet dingin, serta jika suhu telah mendekati suhu remote ia akan turun, serta jika telah sama juga dengan suhu remote ia dapat turun ke watt minimal.

Jika di ruang 4×5 contohnya terlanjur gunakan AC Inverter 1PK pendapat dari kami untuk mengirit listrik sedapatnya yaitu dengan mengatur suhu remote tetap di 25 – 26 derajat. Jika siang justru jika butuh 27 derajat. Itu agar suhu ruang masih tetap dapat mendekati suhu remote yang mengakibatkan mengkonsumsi listrik AC dapat turun. Tetapi toh dengan demikian juga penghematan yang didapatkan mustahil dapat sampai 50% seperti janji dari pemakaian AC Inverter. Penghematan yang di bisa sangat 10%. Tetapi yah dibanding harus ubah AC baru?

Jadi jika ingin beli AC Inverter MOHON dengan sangat begitu jangan pernah under capacity yah. Itu kenapa sebetulnya AC Inverter kurang direferensikan dipakai di ruang terbuka lebar seperti di ruangan keluarga yang menyambung sama ruangan makan serta dapur, sebab biasannya tetap akan under capacity.

Bagaimana? Cukup sudah jelas kan? dengan artikel trik dan tips memakai AC Inverter ini kami meyakini seyakin-nya jika AC Inverter yang anda beli akan dapat mengirit pengeluaran listrik anda tiap-tiap bulan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.