Mengapa ongkos pasang AC Freon R32 lebih mahal?

Diposting pada

Halo, balik lagi berjumpa dengan kami. Kesempatan ini kami ingin menuturkan kenapa biaya pasang AC yang memakai Freon R32 tambah mahal.

Oke Awal mulanya supaya lebih jelas mungkin kami anjurkan anda membaca artikel ketidaksamaan Freon R32 dengan R22, R410A serta R290. Di artikel barusan diterangkan dengan detil serta dengan style bahasa yang gampang dipahami ketidaksamaan, keunggulan serta kekurangan semasing Freon AC. service ac tasikmalaya

Yang tentu saya ingin memperingatkan jika freon R22, freon R32 serta Freon 410A TIDAK KOMPATIBEL keduanya jadi freon TIDAK BOLEH digabung atau ditukar dengan fakta apa pun!!!!

Memang di tahun 2015 ini customer bertambah bingung sebab ada AC yang memakai 3 type Freon yang berlainan. Untuk merk Panasonic semua line up AC-nya yakni type Basic, Standar, Alowa, Alowa Deluxe (Ion), serta Envio telah memakai Freon R32, cuma type Inverter saja yang masih tetap memakai Freon R410A. Untuk lebih jelas dapat buka artikel ketidaksamaan type AC Panasonic kami. Di mana kami menuturkan semua tehnologi yang dipunyai AC Panasonic dengan gamblang. Ingin tahu harga nya silahkan langsung datangi halaman Harga AC Panasonic kami.

Sedang untuk merk Daikin AC type Standar China serta Standar Thailand memakai Freon R410A, sedang type mahalnya yakni Deluxe, Inverter Smile, Hi-Inveter, European Design serta Urusara 7 semua telah memakai Freon R32 yang dengan karakter lebih dingin dari Freon R410A serta R22. Untuk lebih jelas bisa buka artikel ketidaksamaan type AC Daikin kami. Tidak lupa jika ingin tahu harga ACnya silahkan langsung juga click link Rincian Harga AC Daikin kami.

Namun…

Freon R32 mempunyai “kelemahan” yakni tidak hanya lebih gampang terbakar (flammable) meskipun tidak dapat membuat AC meledak atau mengakibatkan kebakaran, Desakan gas Freon R32 pun tambah lebih tinggi dibanding Freon R22 atau R410A. Perihal ini yang mengakibatkan untuk pemasangan AC mesti memakai pipa tembaga yang mempunyai ketebalan MINIMAL 0.6mm

Nah pipa yang tersebar di Indonesia ada sangat banyak merk-nya. Untuk merk standar seperti Artic yang sangat umum dipakai sampai kini oleh beberapa toko serta tukang AC mempunyai ketebalan 0.5mm yang TIDAK BOLEH dipakai untuk menempatkan AC yang memakai Freon R32. Ditambah lagi merk seperti Mandiri, Cintas, SSI atau yang lain yang tebalnya cuma 0.4mm!!!

Mengapa? sebab desakan gas yang tinggi, jika gunakan pipa yang ketebalannya di bawah 0.6mm PASTI akan bocor halus serta dalam 2 atau 3 bulan pertama penggunaan AC freon di kompressor juga bakal habis. Apabila perihal ini berlangsung, baik pihak Panasonic ataupun pihak Daikin TIDAK akan bertanggungjawab (sebab kekeliruan bukan pada pihak pabrik) sangat konsumen yang berantem dengan tukang pasang atau toko tempat beli AC-nya jika mereka nekat menggunakan pipa dengan ketebalan di bawah 0.6mm untuk pemasangan AC-nya.

Lalu untuk pemasangan AC dengan Freon R32, pipa HARUS-WAJIB-TIDAK-BOLEH-TIDAK di vacuum dulu sebelum pemasangan, tidak perduli pipa-nya masih tetap baru dikeluarkan dari dus serta tidak pernah digunakan. Untuk pemasangan AC dengan Freon R32, masih HARUS di vacuum dulu pipanya SEKURANG-KURANGNYA 10 – 15 menit atau sampai jarum di manifold gauge di bawah angka 0 yang tunjukkan bawah telah tidak lagi ada hawa tersisa di pipa. Perihal ini untuk mengawasi supaya tidak ada setitik juga debu atau uap air yang masih tetap melekat pada dinding dalam pipa tembaga. Sebab oli kompressor yang memakai Freon R32 begitu peka pada uap air jadi jika anda, well, tukang pasang AC anda tidak mengerjakannya, meskipun anda gunakan pipa sangat mahal di Indonesia yakni merk Kembla, Mueller atau Crane sekalinya, TIDAK ADA GUNANYA. AC PASTI akan jadi kurang dingin sesudah satu tahun atau 2 tahun. Yang tentu sebelum waktu garansi selesai, serta tentunya pihak pabrik tentu tidak ingin bertanggung-jawab sebab kesalahannya berada di instalasi AC bukan cacat pabrik.

Lama nya waktu untuk proses Vacuum pun bergantung besarnya alat Vacuum. Intinya jarum di manifold saat Vacuum mesti memberikan garis di bawah angka 0, atau -30inHG. Itu berarti tidak ada hawa benar-benar di selama aliran pipa. Jadi BUKAN WAKTU yang memastikan tetapi jarum di manifold yang memastikan ya…

Alat vacuum yang kami pakai semua besarnya 1/2PK serta 3/4PK. Kami pun mempunyai alat vacuum ber kemampuan 1PK untuk proses Vacuum AC besar seperti AC Cassette, Floor, Ceiling atau Split Duct. Jadi proses vacuum yang kami kerjakan semua telah sama dengan standard Pabrikan AC.

Lantas kita akan lihat merk apa yang bisa dipakai untuk menempatkan AC dengan Freon R32:

  1. Hoda
  2. Inaba Denko
  3. Tateyama
  4. Saeki
  5. Panasonic
  6. Nippon Steel
  7. Kembla – Australia
  8. Kupfer Premium – China
  9. Crane – Australia
  10. Mueller – USA
  11. Daikin – Thailand

Nah cuma ke sebelas merk tersebut yang PASTI mempunyai ketebalan di atas 0.6mm. Merk Hoda ialah merk legendaris dalam dunia AC, akan tetapi kekurangannya ialah banyak KW-nya yang tersebar di market jadi waspadalah jika teknisi AC atau toko AC anda tawarkan merk itu. Yakinkan sumber tempat mereka beli dapat diakui. Sebab tidak cuma 1x kami temukan ingin menempatkan AC dalam tempat konsumen kami yang telah tertanam pipa-nya serta mereka katakan telah gunakan HODA dari kontraktornya nyatanya cocok kami ukur dengan penggaris micron, ukuran ketebalan pipanya cuma 0.5mm Jadinya kami tidak berani pasang, serta jika ingin mesti cabut pipa serta ubah pipa baru. Umumnya yang KW tulisannya HD bukan HODA.

Toko kami sendiri memakai pipa merk HODA serta DAIKIN untuk pemasangan unit. Akan tetapi janganlah takut, kami memakai pipa HODA yang kami beli langsung dari importir serta distributor tunggal pipa merk HODA di Indonesia. Jadi DIJAMIN tentu barangnya asli.

pipa inaba denko

Untuk merk Inaba Denko (mirip contoh di atas), Tateyama, Panasonic, Nippon Steel, Saeki, ditambah lagi merk Daikin hampir tentu tidak ada palsunya, jadi jika ingin gunakan merk itu aman-aman saja. Ditambah lagi merk Kembla, Crane atau Mueller yang dapat disebut merk pipa terbagus di Indonesia, tentu aman jika ingin gunakan, akan tetapi hargannya mengagumkan mahal.

Menjadi contoh untuk

Merk HODA, Panasonic, Nippon Steel, Tateyama serta Saeki harga nya ialah Rp. 90.000 per mtr. serta Rp. 100.000 per mtr. untuk pipa 3/8 x 1/4 serta 1/2 x 1/4. Dan Rp. 145.000 per mtr. untuk ukuran 5/8 x 1/4.

Untuk merk Daikin tambah mahal, yakni Rp. 130.000 per mtr. untuk pipa ukuran 3/8 x 1/4 serta Rp. 165.000 per mtr. untuk ukuran 1/2 x 1/4.

Jadi telah jelas kan harga pipanya saja telah berlainan banyak. Tentunya paket biaya pasang kami juga mesti naik sebab jika tidak dapat rugi.

Plus untuk pemasangan AC yang perlu di vacuum akan mengambil alih waktu lebih lama dari pemasagan AC biasa yang mengakibatkan menyusutnya jumlahnya AC yang dapat dipasang oleh teknisi kami per hari-nya. Semua hal tersebut akan punya pengaruh pada biaya pemasangan kami.

Oke, mudah-mudahan dengan adanya ini dapat lebih memahami yah serta tidak bingung kembali kenapa biaya pasang AC jadi tambah mahal yang tentu saja membuat harga AC yang memakai Freon R32 jadi kesannya tambah lebih mahal dari AC dengan Freon R22 atau R410a.

Kami akan balik lagi dengan artikel lainnya. Tunggu saja ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.