Langkah mengkalkulasi keperluan penggunaan PK AC sesuai dengan ruang.

Diposting pada

kesempatan ini memberi panduan langkah mengkalkulasi keperluan AC untuk ruang anda sebab masih tetap sangat banyak konsumen kami yang tidak paham langkah mengkalkulasi pemakaian kemampuan AC untuk ruang mereka serta cuma mengira-ngira saja berapakah PK keperluan AC untuk ruang itu.

Rumus menghitungnya ada 2. Ada yang lebih njelimet, ada yang lebih sederhana.

Rumus pertama langkah mengkalkulasi keperluan ac yang ngejelimet ialah semacam ini:

(Panjang x Lebar x Tinggi Ruang x Aspek 1 x 37) + (Jumlahnya orang x Aspek 2)

Angka Aspek 1 ialah: untuk kamar tidur = 5, untuk kantor atau living room = 6, serta untuk restoran atau salon atau warnet atau mini market = 7

Angka Aspek 2 ialah: untuk orang dewasa = 600Btu, untuk anak-anak = 300Btu

Oke kita akan lihat perumpamaannya:

untuk ruang kamar tidur panjang 3m, lebar 3m serta tinggi ruang 2.5m, serta akan ditempati oleh 2 orang dewasa contohnya. Perhitungannya jadi semacam ini:

(3 x 3 x 2,5 x 5 x 37) + (2 x 600)

= 4.162,5 + 1.200

= 5.362,5 Btu

Repot kan?

Rumus ke-2 untuk mengkalkulasi keperluan ac tambah lebih sederhana, serta rata-rata lebih umum dipakai untuk mengkalkulasi keperluan AC meskipun tidak se-akurat rumus pertama. Rumus ke-2 ini cuma panjang ruang dikali lebar ruang dikali pada 500 Btu sampai 800 Btu bergantung tempat, lantai basic atau lantai atas, arah cahaya matahari serta tingkat senang dingin.

Berikut kurang lebih perhitungan kebutuhannya:

Dikali 500 Btu jika – kamar di lantai basic, ditempati 1 orang, tidak terkena cahaya matahari ataukah tidak berjendela, yang tidur tidak senang dingin serta ingin pasang AC dengan suhu cuma 26 atau bahkan juga 27 (di zaman saat ini perkalian 500Btu tidak wajar dipakai kembali untuk kamar tidur, sangat cuma untuk koridor kantor atau ruangan keluarga yang memang gak akan dapat dingin jika pakai AC sebab anginnya bocor kemana saja)

Dikali 600 Btu jika – kamar di lantai basic tetapi terkena matahari, atau di lantai 2 tetapi tidak terkena matahari, ditempati 2 orang, ingin pasang AC suhu 24 atau 25

Dikali 700 Btu jika – kamar di lantai basic tetapi ada jendela besar atau banyak jendela serta tembok kamar terkena matahari siang/sore, kamar di lantai atas serta terkena cahaya matahari, ditempati lebih dari 2 orang di kamar, yang tinggal senang dingin serta maunya suhu kamar dapat 23 derajat atau bahkan juga 22 derajat waktu pagi hari.

Dikali 800 Btu jika – kamar atapnya ialah dak cor beton atau bahan asbes, jadinya panas sekali kamarnya waktu siang hari, atau memang senang sekali dingin ingin suhu 21 derajat pada pagi hari, ingin suhu 24 derajat di siang hari.

Dikali 1000 Btu jika – memang mengharap ingin pakai selimut tebal baik di siang hari ataupun pada malam hari. Sebab jika gak selimutan gak dapat tidur… (ada loh konsumen kami yang memang mintanya seperti itu… baik siang ataupun malam selalu harus gunakan selimut teballll) Atau kondisinya seperti restoran The Garden di PIK. Itu perhitungan PK ACnya dikali 1000 sebab pada hari siang bolong mereka ingin restoran tetep dinginnnnn walau sebenarnya atap restorannya banyak terbuat dari kaca hingga cahaya matahari banyak masuk ke restoran serta dalam keadaan restoran full ACnya dinginnnnnn…

P.S: Ngga… saya gak dibayar sama restorannya buat promosiin mereka. Hanya narasi saja sebab yang masang AC dari sana saya kenal siapa orangnya huehuehuehue…

Contoh: ruang 3m x 3m = 9m2 x 600Btu = 5.400Btu.

Nah bermakna untuk mendinginkan ruang sebesar 3m x 3m diperlukan MINIMAL AC 1/2 PK sebab AC 1/2 PK mempunyai BTU sebesar 5000. Serta AKAN JAUH LEBIH BAIK bila memakai AC 3/4PK terpenting jika memakai AC Inverter.

Lalu ada dilema serta kekeliruan yang seringkali dikerjakan oleh beberapa konsumen kami.

Jika besar ruang ialah 3m x 4m, jadi jumlahnya Btu yang diperlukan ialah (12 x 500) = 6.000Btu. Angka ini ialah salah satunya angka keramat serta salah satunya besar ruang yang sangat umum untuk kamar tidur tidak hanya 3m x 3m.

AC 1/2PK mempunyai Btu 5000, AC 3/4PK mempunyai Btu 7000, nah untuk ruang 3m x 4m, Btu yang diperlukan ialah 6.000, jadi ingin pakai AC yang manakah? 1/2 atau 3/4PK?

Jawabannya….. tentunya 3/4PK, serta bukannnnn… bukan sebab penjual maunya untung semakin banyak dengan jual AC yang tambah mahal harga nya. Sebab sebetulnya untung toko kami jual AC 1/2 atau 3/4 PK sama juga. tidak langsung kami jual AC yang tambah mahal lalu untung kami pun semakin banyak, SALAH!

Ini ialah fakta mengapa ruang 3×4 mesti memakai AC 3/4PK, meskipun jika pakai AC 1/2PK ruang pun masih tetap dapat dingin walaupun waktu yang diperlukan akan tambah lebih lama.

  1. Jika anda masih menggunakan AC 1/2 PK, ya ruang masih dapat dingin tetapi AC itu mesti kerja 100% dengan Kecepatan Fan maximum serta suhu remote 16 derajat contohnya baru ruang dapat berasa dingin, terpenting di siang hari ditambah lagi jika di kamar itu ada jendela yang menghadap barat di mana cahaya mentari siang ke arah sore tengah panas-panasnya, AC itu tentu tidak bertahan lama sebab kapasitas kompressor yang perlu selalu mesti optimal. Ini akan berefek pada mengkonsumsi listrik yang makin boros sebab kompressor semakin lebih banyak hidup dibanding mati. Serta saat kompressor menyala mengkonsumsi listrik sebesar PK AC selalu terkonsumsi (contoh 1/2PK mengkonsumsi listriknya 400Watt atau 320 Watt untuk type Low Watt)
  2. Jika anda menggunakan AC 3/4 PK, anda cukuplah memakai kecepatan Fan 1, suhu remote 22 derajat serta ruang telah berasa dingin. Ini akan berefek langsung pada mengkonsumsi listrik AC itu, meskipun AC 3/4PK memakai listrik sebesar 600 Watt atau 530 Watt untuk type Low Watt tapi kompressor semakin lebih seringkali mati serta tak perlu kerja optimal hingga akan perpanjang usia AC tersebut.
  3. Ketidaksamaan harga AC 1/2 PK serta 3/4 PK cuma 100 ribu Rupiah. Bukannya beda sampai 500 ribu. Jadi tidak ada fakta lainnya untuk ruang 3 x 4 anda masih tetap memakai AC 1/2PK. Memang di muka anda berhemat 100 ribu, tetapi dalam bulan berjalan penggunaan listrik anda kami jamin semakin lebih irit jika anda memakai AC 3/4 PK ditambah lagi jika dinyalakan ber jam-jam sehari-harinya. Saya sendiri masih tetap mempunyai batita usia 1 tahun yang di mana AC di ruang ia mesti menyala hampir 24 jam satu hari plus ada jendela besar yang menghadap ke barat. Jadi panas sekali jika cocok siang ke arah sore. Sesudah saya menggunakan AC 1/2 PK, saya ganti AC ruang itu dengan AC 3/4PK. Penggunaan AC 3/4 PK benar – benar mengirit pembayaran listrik rumah saya dibanding dengan AC 1/2 PK (bukan promo, cuma bercerita pengalaman pribadi)

Contoh selanjutnya ialah jika ruang anda besarnya 4m x 4m… Btu yang diperlukan ialah 16 x 500 = 8.000Btu… AC 3/4PK Btu-nya 7000, AC 1PK Btu-nya 9000…. Jadi pakai AC yang manaaaaaa…. silahkan dijawab sendiri 🙂

Intinya yang butuh diingat:

AC 1/2 PK Btu ~ 5000
AC 3/4 PK Btu ~ 7000
AC 1 PK Btu ~ 9000
AC 1.5 PK Btu ~ 12.000
AC 2 PK Btu ~ 18.000
AC 2.5 PK Btu ~ 24.000

Nah jika Btu yang diperlukan ialah 13.000 mungkin AC 1.5 PK masih tetap cukuplah untuk mendinginkan ruang tiada sangat memberatkan kapasitas kompressor. Akan tetapi jika Btu yang diperlukan ruang telah di atas 13.000 jadi pendapat kami diperlukan AC 2 PK dengan Btu 18.000 supaya penggunaan listrik lebih irit serta kapasitas kompressor tidaklah terlalu berat.

Rumus perhitungan kami laku untuk ruang dengan tinggi langit-langit ruang standar ya, yakni seputar 3m. Di atas itu tiap-tiap mtr. ketinggian eternit / langit-langit akan diperlukan 1000 Btu kembali.

Lalu Rumus tersebut pun laku untuk pemakaian pipa standar s/d 10 mtr.. Jika contoh AC 1/2 PK tetapi sehubungan jarak indoor serta outdoor mesti sampai 13 atau 15 mtr. bahkan juga (perihal ini biasa berlangsung jika ada pemasangan AC di ruko di mana unit indoor ada di lantai 1, unit outdoor berada di dak atas lantai 4) jadi kami merekomendasikan supaya PK AC dinaikan jadi 3/4 PK atau bahkan juga 1 PK jika ruangannya pun ada jendela besar serta terkena cahaya matahari langsung.

Nah jika anda ingin memakai AC Inverter, yakinkan Btu AC-nya semakin besar dari keperluan ruang yah. Jadi contoh jika ruang kamar ukuran 4×5 kan keperluan ruang 10.000 Btu. Kami benar-benar begitu merekomendasikan pemakaian AC Inverter 1.5PK di banding 1PK. Kenapa? Sebab jika kita lihat langkah kerja AC Inverter di mana jika suhu ruang telah sama juga dengan suhu remote jadi Watt AC Inverter akan dapat turun ke Watt minimum, nah di ruang 4×4 jika kita gunakan AC Inverter 1.5PK kan semakin lebih cepat terwujud, serta kapasitas kompressor tak perlu ngoyo sampai suhu yang diharapkan contohnya 24 derajat atau 23 derajat. Watt AC Inverter akan dapat bertambah cepat sampai watt minimalnya yang tentu saja akan berimbas langsung dengan mengkonsumsi listrik rumah/kantor anda.

Oke duga – duga demikianlah langkah mengkalkulasi keperluan AC untuk ruang anda.

Kami berharap dari artikel – artikel kami, anda menjadi konsumen kami semakin lebih pandai dalam pilih serta memakai AC.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.