Langkah memakai AC yang benar supaya lebih awet serta irit listrik

Diposting pada

Kesempatan ini kami akan mengajari bagaimanakah cara memakai AC yang benar agar listrik tidaklah terlalu boros serta usia AC menjadi tambah panjang. Perihal ini sebaiknya kami sosialisasikan sebab banyak sekali customer kami yang lakukan kekeliruan fatal waktu pemakaian AC. Sesudah itu mereka jadi mempersalahkan merk AC-nya… “Ah AC merk ini buruk lah… baru satu tahun lebih pakai telah jebol kompressornya…” atau “Ah gak ingin pakai AC merk ini lah, baru setaon pakai sudah bocor gak karuan…”

Pengakuan seperti barusan itu seringkali saya temukan saat beberapa konsumen serta calon konsumen setia kami berdikusi dengan kami baik lewat e-mail, BBM, WA, Line, atau telephone langsung ke toko kami. Sebenernya hal tersebut dapat di minimalisasi jika kita sendiri menjadi pemakai AC tahu langkah memakai AC dengan benar.

Oke kita mulai bahasan langkah memakai AC yang benar yah

langkah memakai AC

  1. Yakinkan PK AC memenuhi keperluan ruang.

Perihal ini ialah permasalahan sangat classic dalam pemakaian AC. Kami telah menuturkan dengan gamblang serta dalam bahasa yang gampang dipahami pada artikel mengkalkulasi keperluan AC ruang. Silakan dibaca artikel barusan sebelum meneruskan membaca artikel ini. Di artikel barusan dibicarakan dengan selesai jika dengan memaksa memakai AC yang -maaf- menurut anda si cukuplah lah… sebab jika pakai yang tambah tinggi lebih boros listrik serta tambah mahal harga nya atau dapat kedinginan. SALAHHH!!! jika contohnya ruang 4 x 3m… Btu yang diperlukan ialah 6.000 Nah AC 1/2 PK Btu-nya 5.000, AC 3/4PK Btu-nya 7.000 harga AC cuma beda 100ribu Rupiah. Watt AC berlainan seputar 200 Watt. Anda HARUS memakai AC 3/4PK. Mengapa? Sebab jika gunakan AC yang 1/2PK… Kompressor AC mesti kerja maximum baru ruang dapat dingin. Pikirkan saja jika mobil sehari-hari kita geber-geber bawanya, sama mobil yang enjoy kita bawanya, lebih awet manakah? jika mobil sisa penjualnya tahu jika yang gunakan wanita umumnya tambah tinggi harga nya. Mengapa? sebab penjual tahu jika wanita umumnya bawa serta mobilnya gak seradak-seruduk serta kebut-kebutan yang membuat mesin jadi bertambah cepat aus hehehehe…

  1. Jika AC baru dimatikan entahlah sebab listrik jebret ataukah tidak menyengaja kepencet tombol off-nya, JANGAN langsung dinyalakan kembali.

Biarlah oli kompressor serta gas freon kembali pada kompressor dahulu serta beristirahat saat minimum 1 menit. Pasti usia kompressor anda semakin lebih panjang. Langkah memakai AC yang benar ini ialah salah satunya langkah sangat efisien dalam perpanjang usia kompressor AC anda.

  1. JANGAN mengatur suhu remote 16 derajat dengan Fan speed maximum.

Ini ialah kekeliruan paling besar saat anda memakai AC. Ingat AC ialah Air Conditioner serta bukan Air Cooler. harusnya memakai AC dengan suhu remote 24 serta Fan speed AUTO telah lebih dari cukuplah dinginnya. Jika kita pergi ke Mall dingin gak ACnya? Dingin kan? Coba bertanya sama pengelola Mall mereka set suhu AC-nya berapakah? 25 derajat loh!!!! Mengapa dingin? sebab Btu AC Mall tambah lebih besar dari keperluan ruang.

Lalu coba anda lihat, suhu di kota Lembang, Bandung pada pagi hari yang menurut Accuweather ialah seputar 18 derajat. Itu saja bisa membuat mulut keluar asap. Sudah pernahkah anda berfikir suhu ruang kamar anda 16 derajat? Apa mungkin terwujud? TIDAK MUNGKIN saat di Jakarta belumlah ada anomali cuaca jadi bersalju!

Suhu luar ruang di Jakarta pada pagi hari ialah 25 – 26 derajat selama tahun. Jadi satu kali lagi TIDAK MUNGKIN suhu 16 derajat akan terwujud. suhu 20 derajat juga hampir mustahil dapat terwujud terkecuali anda memakai AC yang mempunyai kemampuan JAUH semakin besar dibanding keperluan ruang. Contoh untuk ruangan server umumnya ukuran 3x3m di mana diperlukan Btu cuma 4.500 alias AC 1/2 PK telah memenuhi, tetapi dipasang AC 1.5 PK dengan kemampuan Btu 12.000, itu baru dapat terwujud suhu 20 derajat.

Sebenernya langkah kerja AC non-inverter ialah seperti berikut. Suhu di remote contohnya 24 derajat. Saat AC dinyalakan akan terdengar bunyi “tek” yang mengisyaratkan kompressor AC menyala serta gas Freon akan dipompa dari kompressor ke evaporator AC di unit Indoor serta disembur oleh kipas AC hingga angin yang keluar ialah angin dingin. Unit Thermostat di Indoor AC akan bekerja bersama dengan unit computer di AC untuk berupaya membuat ruang sampai suhu 24 derajat Celsius. Jadi saya tekankan suhu di remote AC TIDAK SAMA dengan suhu ruang. Suhu di remote AC itu ialah kita menjadi pemakai AC minta pada AC agar membuat ruang sampai suhu yang berada di remote AC. Nah apa AC-nya dapat membuat suhu ruang sama juga dengan suhu remote? Belumlah tentuuuu ditambah lagi jika remote dibikin suhu 16… Jawabannya gak akan bisaaaa…

Nah saat suhu ruang belumlah terwujud, kompressor akan kerja FULL 100% sampai suhu ruang terwujud ATAU kompressor sangat panas jadi akan di cut off atau dimatikan. Saat itu akan terdengar kembali bunyi “tek” yang mengisyaratkan kompressor AC mati. Jika suhu telah sampai 22 derajat kebawah, kompressor akan mati mengisyaratkan suhu telah terwujud. Angin yang keluar dari kisi-kisi AC akan jadi seperti kipas angin… Setelah suhu ruang telah di atas 24.9 derajat, kompressor akan kembali menyala diikuti dengan bunyi “tek” kembali.

Perihal ini akan berlangsung berkali-kali saat AC dinyalakan. Nah saat ini pikirkan anda menyetel remote AC di suhu 16 derajat. Ruang anda TIDAK AKAN sempat sampai suhu 16 derajat hingga kompressor AC cuma akan mati waktu telah sangat panas. Aksi ini tentunya akan mempersingkat usia kompressor AC. SEHARUSNYA dengan suhu cuma 24 atau 25 derajat saja dengan fan di tempat AUTO anda telah terasa dingin sekali. Jika tidak dingin serta AC tidak ada permasalahan kemungkinan PK AC anda kurang untuk mendinginkan semua ruang.

Jika langkah kerja AC Inverter berlainan. Kompressor AC belum pernah mati. Yang ditambah atau dikurangi cuma daya AC ke kompressor. Keunggulan penting dari Inverter tidak hanya listrik yang lebih irit sebab kompressor kerja selalu akan tetapi konstan sama dengan menyopir mobil keluar kota tentu lebih irit BBM sebab banyak melalui tol dengan kecepatan tinggi akan tetapi stabil di banding menyopir di kota yang gas-rem-gas-rem selalu sebab macettttt… Ialah suhu ruang yang lebih konstan.

Untuk AC non-inverter fluktuasi suhu ruang ialah kurang lebih 2 derajat celsius. Sedangankan untuk AC Inverter ialah 1 derajat Celsius. Jadi dengan teori yah, jika di AC Non-Inverter anda men-set suhu remote 24 derajat, suhu di ruang anda ialah pada 22 – 26 derajat Celsius. itu mengapa umumnya saat pakai AC Non-Inverter jam 4 pagi anda senang mematikan AC sebab kedinginan. Benar apakah betulll? Jika gunakan AC Inverter suhu 24 derajat akan terbangun saat AC dinyalakan sebab suhu ruang cuma akan pada 23 – 25 derajat.

Oke kembali pada suhu remote serta fan. Jadi saya dapat yakinkan meskipun anda memakai AC Inverter, saat anda setel suhu remote 16 derajat serta fan maximum penghematan listrik anda ialah NOL BESAR! alias tidak ada penghematan benar-benar! Bahkan juga dapat lebih boros di banding AC non-Inverter. Perihal ini dapat berlangsung sebab umumnya AC Inverter mempunyai Watt yang semakin besar saat start awal untuk mendinginkan ruang bertambah cepat. Jadi jika anda masih ngeyel sukanya pakai suhu 16 serta fan maximum, mending pakai AC Low Watt. Saya jamin lebih irit listrik….

Jadi kunci dari langkah memakai AC yang benar ialah cukuplah setel suhu remote di 24 – 25 derajat bergantung tingkat tahan dinginnya anda. Intinya jika tidur tiada selimut masih tetap dapat serta tidak kedinginan. Nah dapatkan suhu di mana anda dapat tidur tiada gunakan selimut. Set suhu remote anda di suhu itu, pasti kompressor AC anda semakin lebih awet sebab tak perlu kerja sangat berat, serta suhu ruang dapat terwujud sama dengan suhu remote.

  1. Yakinkan AC tetap di service atau di bersihkan tiap-tiap 2 sampai 3 bulan sekali.

AC yang telah kotor terpenting di filter, evaporator serta di kipas AC akan memerlukan daya extra untuk sampai keadaan baik pendinginan. Contoh jika kipas serta filter AC telah penuh debu contohnya, dari umumnya anda gunakan fan kecepatan 1 saat ini mesti maximum baru dingin. Ini akan menyebabkan pemborosan listrik yang tak perlu. Begitu halnya unit outdoor, jika telah kotor serta berdebu, pembuangan panas tidak akan dapat optimal hingga kompressor seringkali mati sebab sangat panas walau sebenarnya suhu ruang belumlah terwujud.

Bahkan juga jika ada yang merokok di ruang, atau dekat tempat yang banyak debu atau dapur jadi AC harus dicuci tiap-tiap 2 bulan sekali. Bila anda tinggal di daerah dekat pantai seperti di Pantai Mutiara, Pluit, Pantai Indah Kapuk, Ancol, dan lain-lain. Kami benar-benar merekomendasikan anda membersihkan AC dengan AIR MINUM ISI ULANG bukan air tanah atau air PAM serta dicuci tiap-tiap 2 bulan sekali hingga pembentukan karat karena hawa laut bisa diminimalisasi.

Janganlah lupa pun Filter AC yang berada di Indoor unit pun jika dapat tiap-tiap 2 – 3 minggu sekali dicuci, sebab sesudah 3 minggu tentu semua permukaan filter-nya telah tertutup debu tipis.

  1. Janganlah seringkali buka-tutup pintu ruang serta janganlah dibiarkan ada pintu yang terbuka.

Ini pula permasalahan classic dalam langkah memakai ac. Jika kita seringkali keluar masuk ruang, yakinkan pintu tetap ditutup kembali. Atau jika kamar tidur kita ada kamar mandinya, yakinkan agar pintu tetap ditutup kembali. Kenapa? Sebab demikian ada pintu yang terbuka, angin dingin akan langsung keluar ruang, serta AC akan kembali berupaya turunkan suhu di ruang. Nah jika pintu selalu terbuka baik ke kamar mandi atau bahkan juga ke ruang lainnya di luar kamar, sebetulnya ukuran ruang yang di dinginkan jadi semakin besar dari semestinya. Ini akan berimbas dengan kompressor yang selalu kerja mengawasi suhu ruang supaya sama juga dengan suhu remote. Itu mengapa di semua mall di Jakarta pintu kaca yang menghubungkan tempat parkir dengan Mall tentu ada stiker di pintu kacanya yang kurang lebih bertuliskan “Pintu selalu harus dalam kondisi tertutup”

Buat anda yang belumlah beli AC serta tengah mencari, yakinkan PK AC anda cukuplah untuk mendinginkan ruang plus orang yang tidur atau berada didalam kamarnya. Rumus perhitungan yang sederhana atau yang ngejelimet tetapi tambah lebih tepat telah kami siapkan di artikel mengkalkulasi keperluan AC ruang. Silakan dibaca serta dipahami jika anda tertarik.

Kami sangat merekomendasikan anda membaca artikel type AC Daikin jika anda ingin beli AC Daikin akan tetapi bingung ingin menggunakan type yang manakah. Atau juga bisa membaca artikel type AC Panasonic jika anda akan memutuskan untuk memakai AC Panasonic. Kami pun mempunyai price daftar AC Daikin 2019. Lengkap untuk semua type Split line up 2018 dan harga ac panasonic paling baru yang tentunya sekomplit artikel AC Daikin kami. Tidak lupa kami pun mempunyai artikel mengenai type AC Gree serta Harga AC Gree… silahkan scroll ke bawah serta lihat daftar artikel kami yah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.