Isi lagi freon AC atau lebih freon AC, Perlukah?

Diposting pada

mengenai AC yang meluruskan mitos yang salah serta merugikan customer mengenai salah satunya persoalan AC yang seringkali membuat customer rugi serta tertipu.

Permasalahan yang saya maksudkan ialah apa AC Split di dalam rumah atau kantor anda selalu harus isi lagi freon atau lebih freon tiap-tiap berapakah bulan atau tahun sekali?

Freon R-22 DuPont

Untuk menjawab pertanyaan ini cukup repot, akan tetapi pada dasarnya jawabannya TIDAK!

mari kita ulas kenapa AC di dalam rumah anda tak perlu isi lagi freon atau nambah freon tiap-tiap beberapa waktu sekali.

Pertama, prinsip kerja AC rumah persis sama dengan AC mobil. Jadi di AC rumah serta mobil ada kompressor yang kerjanya memompa gas freon ke evaporator di unit indoor lalu akan dihembuskan angin serta angin yang keluar dari kisi-kisi AC ialah angin dingin. Nah gas Freon yang tersimpan di kompressor itu tetap berputar-putar di putaran tertutup (Closed Loop) dari kompressor dipompa ke evaporator serta kembali lagi ke kompressor. Oleh karenanya gas mustahil keluar dari putaran itu terkecuali ada kebocoran.

Pertanyaannya, apa semenjak mobil baru anda diantarkan dari showroom, lalu 6 bulan lalu telah ke bengkel untuk isi lagi freon atau nambah freon? tentunya TIDAK! Sama juga dengan AC rumah. Jika instalasi AC-nya benar AC rumah anda TIDAK PERLU di-isi lagi freon-nya!

Bagaimana dengan penguapan? Ya memang gas Freon bisa jadi menguap sebab terserang panas, akan tetapi rate penguapan Freon AC juga dipikirkan oleh pabrik pembuat AC terpenting untuk merk AC Panasonic serta AC Daikin menjadi merk AC terunggul di Indonesia bahkan juga dalam dunia supaya Freon tak perlu di isi lagi dalam keadaan penggunaan normal sampai seumur AC-nya. Yah dapat kita katakan jika AC telah dipakai di atas 5 tahun mungkin masih tetap lumrah jika kita isi lagi Freon AC kita, tetapi jika baru gunakan di bawah 2 tahun atau bahkan juga belumlah satu tahun harusnya isi lagi freon atau nambah freon, jadi yang mengakibatkan perihal ini bisa berlangsung ialah seperti berikut ini:

  1. Jika pipa Freon anda telah tertanam di tembok rumah, apartemen atau ruko anda saat pemasangan AC pertama-tama, mungkin orang yang masang pipa pertama-tama bengkokin pipanya asal-asalan jadi patah atau retak serta bocor halus.
  2. Jika anda beli AC dengan pipa-nya, bisa jadi orang instalasi AC-nya masang pipanya gak bener, cocok bengkokin pipa sangat kuat jadi patah di dalam atau retak serta bocor halus. Oleh karenanya tiada punya maksud meng-dis-kreditkan tukang pasang AC mana saja, hati-hatilah dalam pilih tempat beli AC anda. Di Supermarket seperti Hmart, Carr, Elecc Cy, Be* Den, Cous mereka TIDAK mempunyai teknisi pasang AC in-house. Semua tukang pasang AC mereka ialah FREELANCE, jadi mutunya mungkin dapat bagus, mungkin saja tidak… Berlainan dengan tempat kami. Semua teknisi kami untuk instalasi AC ataupun service AC, semua ialah teknisi In-house dengan upah bulanan, jadi kerja hasil mereka tetap kami kontrol serta mereka lebih bertanggungjawab dalam menjalankan pekerjaan sebab membawa bendera perusahaan kami. Serta semua kepala teknisi kami telah mempunyai sertifikat sah lulus training dari Daikin Training Center serta Panasonic Service Center. PLUS harga AC dari mereka JAUHHHHH tambah mahal dari tempat kami hehehhe…
  3. Juga bisa kualitas pipa yang dipakai abal-abal alias gak ber-merk atau ber-merk tetapi palsu.. seperti merk Hoda yang telah populer mahal serta berkualitas tinggi akan tetapi palsunya tersebar dimana-mana… Toko kami memakai pipa merk HODA dengan ketebalan minimal 0.61mm yang pas dipakai di AC yang memakai Freon R32. Kami jamin ASLI sebab kami langsung membelinya dari importir TUNGGAL merk itu! Untuk lebih detilnya anda dapat membaca artikel ketidaksamaan Freon R32 kami, atau artikel kenapa biaya pasang AC dengan Freon R32 tambah mahal? Pasti anda semakin lebih memahami serta tidak gampang tertipu kembali bila ingin beli AC. Kami sebagai Daikin Pro Shop serta AC Shop hybrid, jual pipa merk DAIKIN dengan ketebalan 0.8mm. Asli dari Thailand, serta cuma bisa di jual lewat dealer Daikin Pro Shop atau AC Shop. Tidak dapat dibeli dari lain tempat. Jadi TIDAK MUNGKIN ada yang palsu. Memang harga nya tambah mahal dibanding merk HODA tetapi ya memang lebih tebal pun ukuran pipanya.
  4. Mungkin saja di sambungan pipa (Naple) saat flaring kurang kencang jadi bocor halus atau justru sangat kencang jadinya retak atau pecah. Ini dapat berlangsung jika memakai Flaring merk Cina yang tidak baik kualitasnya. Mungkin untuk pasang 50 sampai 100 unit AC pertama masih tetap oke akan tetapi selanjutnya semakin lebih gampang bocor sebab alatnya telah aus serta mesti ditukar. Kami sendiri memakai merk TASCO dari Jepang untuk flaring pipa.
  5. Juga bisa jika anda memakai layanan service AC asal-asalan yang mungkin (maaf) hanya dilihat dari iklan yang ditempel di pohon tepi jalan, bisa jadi saat mereka service AC sisi Outdoor, sambungan pipanya dikendorkan dikit agar Freon terbuang sedikit2 serta dalam tempo 2 atau 3 bulan AC jadi gak dingin sebab Freon menyusut atau bahkan juga habis, jadi anda mesti telephone mereka untuk hadir serta meng isi lagi freon AC anda. Kami tidak katakan semua layanan service AC semacam itu, akan tetapi coba lebih selektif dalam pilih tempat beli serta service AC anda. Mungkin lebih baik telephone langsung ke Daikin atau Panasonic Call Center jika ingin service AC agar subcon mereka yang hadir serta bersihkan AC anda.
  6. Bisa jadi Evaporator unit Indoor AC anda bocor, nah jika telah berikut pendapat kami, tidak hanya sesaat Evaporator AC di las, anda nabung ya.. sebab jika Evap AC telah di las tetep gak akan lama umurnya… sangat 3 bulan uda bocor kembali.. ingin dalam tempat yang sama atau justru dapat nambahin bocor dalam tempat lain… Sudah persis seperti kompressor ampere-nya sudah tinggi… uda tak ada obat-nya.. mending selekasnya nabung buat beli AC baru… Janganlah lupa belinya AC Panasonic atau AC Daikin yaaaa agar awet serta tahan lama… Trussss belinya di toko kami hahahaha… Iklan sedikit bole laaaa…

Kami pun mempunyai artikel untuk harga AC Daikin, harga AC Panasonic atau harga AC Gree silakan dibaca jika ingin tahu harga unit bersama info Btu serta mengkonsumsi listriknya.

Nah demikianlah kurang lebih jawaban dari mitos permasalahan AC yang PALING SERING membuat customer tertipu, sebab setiap kali isi lagi freon atau nambah freon harga beragam pada 100 – 150rb rupiah bergantung pinter-pinternya si tukang AC ngomong sama anda hehehehe…. Bahkan juga jika AC anda memakai Freon R410A isi lagi Freon dapat sampai 750 ribu Rupiah! sayang sekali kan keluarin uang begitu bukan sebab memang ACnya butuh di isi lagi freon nya tetapi hanya sebab akal-akalan tukang AC anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.